Evolusi Sistem Operasi Android

Evolusi Sistem Operasi Android 


    Sistem operasi merupakan perangkat lunak yang berfungsi sebagai pengontrol perangkat keras juga perangkat lunak lainnya untuk mengerjakan suatu tugas yang kita inginkan.  Seiring berkembangnya zaman serta kebutuhan kita tentunya sistem operasi mengikuti perkembangan tersebut dengan cara melakukan pembaruan agar dapat menyesuaikan dengan kebutuhan kita. Contoh sistem operasi yang telah melakukan banyak pembaruan adalah Android.

    Android merupakan sistem operasi yang beroperasi pada telepon genggam (mobile). Android pertama kali rilis pada tanggal 23 September 2008. Hingga saat ini, Android telah berevolusi dan banyak melakukan pembaruan seperti menambah keamanan, memperbarui desain tampilan, serta memberikan dukungan ke berbagai macam aplikasi agar dapat berjalan pada ponsel kita. Berikut beberapa evolusi android yang telah dirilis.

1. Android 1.0 (Alpha)

    Rilis pada tanggal 23 September 2008 dan tersedia di hp HTC Dream. Di versi awal ini, Android 1.0 Alpha sudah dilengkapi fitur dasar seperti: Aplikasi Gmail, Google Talk, YouTube, dan lainnya.

    Android Market sudah disediakan untuk mengunduh dan update aplikasi. Browser juga ada untuk menampilkan, memperbesar, dan melihat informasi dalam halaman web HTML dan XHTML. Bar notifikasi juga bisa muncul di status bar. Pengguna juga bisa mengatur nada dering, kecerahan layar, dan nada getar. Smartphone dengan Android 1.0 Alpha juga bisa terhubung ke WiFi dan Bluetooth.

2. Android 1.1 (Beta)

    Rilis pada 9 Februari 2009. Update ini awalnya hanya untuk HTC Dream saja. Versi Android terbaru ini memperbaiki bug pada versi alpha, mengubah API Android, dan menambah beberapa fitur baru. Fitur baru Android Beta memungkinkan pengguna mencari rincian dan review pada lokasi bisnis di Google Maps.

    OS Android Beta juga dapat menampilkan dan menyembunyikan tombol panggilan. Untuk Anda yang suka kirim email, Versi Android terbaru ini bisa menyimpan lampiran pada pesan. Android 1.1 mendukung marquee atau program HTML untuk membuat teks bisa bergerak.

3. Android 1.5 (Cupcake)

    Rilis pada  27 April 2009 dengan menggunakan kernel Linux 2.6.27. Android ini menambahkan fitur widget dan keyboard di layar. Selain itu, ada pula fitur baru seperti salin (copy) dan tempel (paste) ke kolom pencarian browser. Begitu juga dengan fitur perekaman video di kamera, sehingga tidak hanya bisa menghasilkan foto.

4. Android 1.6 (Donut)

    Dirilis pada 15 September 2009. Versi Android ini dirilis berdasarkan kernel Linux 2.6.29. Beberapa fitur menarik yang ada di urutan Android terbaru ini adalah: Opsi pencarian dengan teks dan suara ditingkatkan, terdapat fitur cuplikan aplikasi di Android Market, dan dukungan mesin sintetis multi bahasa sehingga aplikasi bisa mengucapkan teks.

    Android Donut juga mengintegrasikan kamera dan galeri sehingga hasil foto dan video bisa diakses lebih cepat. UI Android juga memungkinkan pengguna menghapus banyak foto. Android 1.6 Donut juga mendukung perangkat dengan resolusi layar WVGA.

5. Android 2.0 – 2.1 (Eclair)

    Dirilis dengan kernel Linux 2.6.29. Sinkronisasi akun ditingkatkan agar pengguna bisa menambah akun untuk Email dan kontak hp. Tersedia juga dukungan Bluetooth 2.1. Android versi Eclair sudah mendukung fitur baru pada kamera, seperti: Flash, Zoom Digital, dan mode makro.

    Secara umum, Android Eclair mengoptimalkan kecepatan perangkat lunak dan perubahan UI. Tampilan UI kini disesuaikan untuk layar dan resolusi lebih besar. Tersedia fitur MotionEvent yang ditingkatkan untuk melacak aktivitas multi-touch pada layar sentuh.

6. Android 2.2 Froyo (2010)

    Memiliki basis kernel Linux 2.6.32. Android Froyo meningkatkan fungsi USB Tethering dan WiFi Hotspot. Tersedia opsi untuk mematikan akses data pada jaringan seluler. Lalu untuk aplikasi Android Market sudah ditambah fitur untuk update secara otomatis.

    Fitur inovatif di Android versi ini memungkinkan dukungan ke Bluetooth di mobil. Android Froyo bisa tampilkan animasi GIF dan upload file pada aplikasi browser. Tersedia juga dukungan pemasangan aplikasi pada penyimpanan eksternal. Android 2.2 juga sudah didukung Adobe Flash.\






    Itu tadi adalah daftar beberapa pembaruan OS Android yang berevolusi untuk menyesuaikan kebutuhan pengguna. Hingga saat ini diketahui Android telah sampai pembaruan Android 13 (Tiramisu) yang pastinya telah mengalami banyak pembaruan fitur, desain tampilan, serta keamanan sistem.

Link referensi:

Comments

Popular posts from this blog

Analisis Aktivitas Evolusi Perangkat Lunak pada Jurnal Penerapan Pemeliharaan Systems Maintenance Life Cycle Bank Swasta Nasional Berdasarkan IEEE dan ISO

Kuis Akhir Kelas Evolusi Perangkat Lunak